Kisah Inspirasi - Hijaubiru

Minggu, 17 April 2011

Kisah Inspirasi

Tenang aja, cerita yang sangat bagus ini sumbernya bukan dari saya, tapi dari beberapa kakak kelas dan seorang alumni yang memang memiliki segudang cerita motivasi. Cerita ini untuk semua orang. Khususnya untuk orang yang lagi down karena masalah kehidupannya segunung.

1. Kisah Sebuah Pedang
Tahu gimana pembuatan pedang pada umumnya kan? Untuk jadi sebuah pedang yang bagus, tajam, dan kuat, besi itu harus ditempa berkali-kali. Dilebur, dipanaskan, ditempa, dilipat, dipanaskan lagi, ditemoa lagi, begitu seterusnya. Jadi kesimpulannya, kalau kita mau menjadi  orang yang berkualitas bagus, ya memang begitulah cara-Nya untuk membuat kita kuat. Dalam kehidupan, kita harus ditempa dengan keras, dipanaskan dengan bara api sangat panas. Kalau kita nggak mau digituin, ya, gimana bisa kita mau jadi kayak pedang yang keras dan tajam?

2. Membangun Jembatan
Di suatu desa terdapat sebuah sungai yang lebar dan besar. Untuk mencapai daratan di seberangnya, diperlukan sebuah jembatan yang sangat kuat karena arus sungai tersebut sangatlah deras. Akhirnya, diadakanlah sebuah sayembara. Siapa yang bisa membuat sebuah jembatan yang kuat untuk dilintasi, dialah pemenangnya. (*Catatan: jembatan terbuat dari kayu).
Semua orang sudah mencobanya. Namun, tidak ada yang bisa kukuh sampai akhir. Ada sebuah jembatan yang saat dilintasi mobil, ambruk. Ada yang bisa dilintasi truk, tapi hanya bertahan satu hari saja. Bahkan ada yang ambruk saat dilewati hanya satu manusia saja.
Saat semua penduduk desa sudah pesimis, duh, percuma ah, nggak bisa bikin jembatan yang kuat nih, nyerah aja deh, seorang pemuda terlihat sangat bersemangat dan berkata, "Saya bisa membuatnya!"
Jadilah pemuda tersebut mulai membuat sebuah jembatan yang sesuai dengan rancangannya. Seluruh penduduk desa pun membantunya. Dalam beberapa hari, pekerjaan itu pun rampung. Dan apa yang terjadi? Tidak hanya truk yang bisa melewatinya! Trailer, kontainer-kontainer, bisa melewatinya. Bahkan jembatan tersebut awet.
Suatu saat, pemuda tersebut ditanya oleh penduduk yang penasaran. Bagaimana membuat jembatan yang begitu kuat? Apa rahasianya? Dan pemuda itu menjawab, "Saya memakai kayu dari pepohonan yang berada di atas gunung. Mengapa? Karena merekalah yang pertama kali merasakan dinginnya air saat hujan. Merekalah yang pertama kali merasakan kuatnya angin saat badai. Merekalah yang pertama merasakan takutnya mendengar gelegar petir. Karena itu, akar-akar mereka akan terbiasa mencengkeram tanah dengan erat. Anda tahu kan, kalau merekalah yang menahan tanah agar tidak erosi? Mengapa saya tidak menggunakan pepohonan di lereng? Karena mereka tidak merasakan apa yang pohon-pohon di atas rasakan. Itulah perbedaan kekuatan mereka. Amat beda kan?"

3. Pertarungan 3 Angin
Alkisah ada 3 jenis angin. Yaitu angin bohorok, angin tornado, dan angin topan. Di sisi sebuah hutan yang lain, ada sebuah pohon kelapa dengan seekor monyet yang bertengger di atasnya. Ketiga angin ini iseng-iseng melakukan pertandingan. Siapa yang bisa menjatuhkan monyet itu dari pohon kelapa, dialah yang menang.
"Aku duluan yaa," kata angin topan. Dan angin topan langsung menghempas seisi hutan, mendekati si monyet. Namun monyet itu ternyata mempererat pegangannya pada pohon kelapa. Angin bohorok mencoba lebih keras, namun tidak mempan.
"Udah deh, kamu tuh nggak kuat. Lihat aku nih!" kata angin bohorok dan langsung melesat. Angin bohorok menghancurkan segalanya. Rumah, perkebunan kopi, perkebunan teh, dan lain-lain. Tapi sang monyet malah bergeming. Ia malah lebih mempererat pegangannya pada pohon kelapa.
"Ah, cupu! Makanya, lihat nih, angin tornado! Angin paling kuat sedunia!". Angin tornado langsung bergerak menuju si monyet. Kali ini dampaknya lebih dahsyat. Bukan hanya rumah dan perkebunan yang terlempar, gedung-gedung pencakar langit rusak, hancur. Rumah-rumah beterbangan, mobil-mobil melayang di udara. Angin berbentuk corong dari langit itu menghancurkan segala yang dilewatinya. Tapi apa? Sang monyet malah lebih, lebih mempererat pelukannya pada pohon kelapa, seakan tidak mau melepaskan begitu saja, seakan pohon kelapa itu adalah hidupnya. Dia sudah mengalami dua angin kuat terdahulu, dia sedikit banyak sudah tahu medan, maka kali ini dia lebih tahu dan siap menghadapi gempuran.
Berjam-jam angin tornado yang mengklain sebagai angin paling kuat sedunia itu mencoba, tapi gagal. Sang monyet masih ada di atas pohon.
"Gila ya! Tambah kuat aja pegangannya!" umpat salah satu angin.
Tiba-tiba datanglah angin sepoi-sepoi. Dia berkata, "Aku nyoba ya. Siapa tahu bisa".
Ketiga angin terdahulu langsung ngakak abis. "Lha kita aja nggak bisa, apalagi kamu yang kecepatannya cuma beberapa meter per detik, ha? Nggak mungkin, nggak mungkin!"
"Lhoo, aku kan mau nyoba. Ya? Ya? Nyoba doang kok!" pinta angin sepoi-sepoi. Permintaannya akhirnya diluluskan walaupun ketiga angin yang lain masih sakit perut karena kebanyakan ketawa.
Datanglah angin sepoi-sepoi pada si monyet. Whus whuss, angin itu bergerak, mendesau lembut. Dibelai angin, si monyet akhirnya tertidur. Dia meloloskan pelukannya pada pohon kelapa, dan.... bluk, dia pun terjatuh.
Angin sepoi-sepoi tersenyum-senyum, ketiga angin melongo abis.

Intinya sih: ujian itu ada untuk menguatkan kita. Kadang ujian itu emang gede (diibaratkan ketiga angin). Saat itu, apa yang kita butuhkan? Tak lain adalah pegangan alias iman yang kuat. Tapi ada juga ujian yang saking kecilnya kita anggap enteng dan akhirnya kita malah terjatuh di lubang kecil tersebut (diibaratkan angin sepoi-sepoi)

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saya pernah baca sebuah ungkapan puisi (lupa baca di mana). Tapi isinya bagus banget. Kalau nggak salah (ya bener, hehehe) isinya gini (dengan sedikit revisi):
 Yakinlah
Bahwa Dia memberimu ujian
Karena Dia ingin membuatmu kuat
Yakinlah
Bahwa Dia akan memberimu yang kau butuhkan
Bukan yang kau inginkan
Yakinlah
Percayalah
Bahwa Dia memberimu hujan
Karena Dia ingin dirimu mendapat pelangi

Tidak ada komentar: