Angin, Cemara, Bambu - Hijaubiru

Kamis, 07 April 2011

Angin, Cemara, Bambu

Pernah cuma kepikiran nih. Waktu itu ada setan yang tiba-tiba lewat terus ngebisikin, "Udah, lo nggak bisa apa-apa! Lo gak bakalan sukses, dah! Noh, liat sono. Temen-temen lo udah sukses. Lo? Apaan? Kagak ada apa-apanya!". Nah, langsung deh ini otak langsung memerintahkan kadar semangat dalam tubuh jadi nol (nggak sih, nggak sampe nol. Supaya dramatis aja kesannya. Hehehe).
Seperti orang down pada normalnya, aku langsung analisa. Ini anak-anak makan apa sih kok bisa sukses kaya' gitu? Dan hasil analisa menunjukkan kalau jalanku dan jalan mereka beda. Dan otakku langsung memerintahkan diriku untuk mengikuti cara mereka. Tapi setelah beberapa hari, baru aku ngerti kalau ternyata jalan orang beda-beda. Dan muncullah satu quote:
Tiap orang memiliki jalannya sendiri
Kamu indah dengan jalanmu
Terus sambil bikin puisi, mikir-mikir lagi. Dan muncullah analogi berikut. Analogi angin, cemara, dan bambu.
Angin adalah jalan orang sedangkan bambu dan cemara adalah diriku sendiri.  Kalau aku jadi cemara, yang mau mengikuti jalan orang lain padahal jalan itu nggak cocok buatku, akhirnya aku akan semakin doyong dan miring. Emang kelihatannya sih kuat. Lihat aja cemara, kelihatan kuat kan? Tapi pada akhirnya aku bakalan doyong, miring, dan akhirnya ambruk.
Sedangkan kalau aku jadi bambu, meskipun kelihatan rapuh, tapi dia mau konsisten pegang jalan dia sendiri dan bersungguh-sungguh. Dan akhirnya, dia tetap berdiri tegak. Nggak doyong, nggak miring, dan nggak ambruk kecuali emang dia waktunya ambruk. Bahkan, dia sempat-sempatnya nyimpan air.
Jadi, buat apa jadi cemara kalau berakhir nelangsa sedangkan kita bisa memilih jadi bambu yang konsisten dalam waktu?














Tidak ada komentar: